EdukasiKabarOpini

Ahmad Zakiyuddin Bagikan Cara Praktis menghindari Hoaks di Media Sosial

Bogor- Kementerian Kominfo berkerjasama dengan Siberkreasi Gerakan Makin Cakap Digital 2022 Menyelenggarakan Webinar Nasional Literasi Digital, Senin, 17 Oktober 2022 dengan mengambil tema : “Stop Penipuan di Internet!”.

Hadir sebagai pemateri, Ketua Umum Perhimpunan Humas Perguruan Tinggi Indonesia (Perhumani) yang juga Akademisi Fisip Universitas Langlangbuana Dr. Ahmad Zakiyuddin, S.IP., M.I.Kom,. Direktur Utama PT Ruang Ide Komunikasi Iwan Setiawan dan Content Management Sandra Sabellina, S.T dan Profesional Hypnotherapist yang juga Moderator Luana Yunaneva.

Dalam pemaparannya Ahmad Zakiyuddin membagikan Menjadi Netizen yang Bijak Dalam Bermedia Sosial
Zakiyuddin menambahkan bahwa jenis-jenis data media sosial ada 8 yaitu Relationship Networks (Contoh : Facebook, LinkedIn, Google Plus), Media Sharing Networks (Contoh Youtube, Snapchat, Instagram, Online Reviews (Zomato, Yelp, Open Rice), Forum Diskusi (Kaskus, Reddit), Social Publishing Platforms (Blog, Medium, Tumblr), Internet-based Network (Facebook Group, Google+ Community), Bookmarking Sites (StumbleUpon, Pinterest da Flipboard), dan yang terakhir adalah E-Commerce (Amazon, Tokopedia, Gojek).

“Prinsip Penggunaan Media Sosial ( Rumus THINK ( True, Helpul, Ilegal, Necessary, Kind). Yaitu, True adalah Apakah informasi atau konten yang diunggah atau akan dibagi adalah benar? Banyak informasi yang beredar merupakan hoax (penipuan) atau sudah disunting oleh banyak tangan, Helpful adalah Teknologi hendaknya digunakan untuk kebaikan. Salah satunya adalah membantu orang lain, Ilegal adalah Dalam bermedia sosial sudah semestinya kita memperhatikan legalistas konten yang kita bagikan, Necessary adalah seseorang sudah seharusnya memperhatikan kembali apa yang hendak diunggahnya, apakah hal tersebut memang perlu untuk dibagikan atau tidak, dan Kind adalah usahakan untuk hanya mengunggah atau membagikan hal-hak baik di media sosial.” Ungkap Zaki.

Zaki menegaskan cara praktis menghindari berita bohong atau hoax adalah Bacalah berita hanya dari sumber yang layak dipercaya dan Kredibel, Baca dulu isi beritanya baru share ke media sosial, Perhatikan nama media yang membuat berita sekaligus alamat situs, Cek fakta dan perhatikan narasumber yang dicantumkan dalam berita tersebut apakah berasal dari sumber resmi, Jangan menelan mentah-mentah informasi yang ditemukan di internet, Jangan percaya mitos, Jangan mudah terprovokasi, Selalu ingat bahwa tidak semua yang dibaca internet dan media sosial adalah benar.

“Dampak positif bermedia sosial adalah memudahkan kita untuk berinteraksi dengan banyak orang, memperluas pergaulan, jarak dan waktu bukan lagi masalah, lebih mudah dalam mengekspresikan diri, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat, biaya lebih murah sedangkan dampak negatif bermedia sosial adalah sedangkan dampak negatif dari media sosial adalah menjauhkan orang-orang yang sudah dekat dan sebaliknya, interaksi secara tatap muka cenderung menurun, membuat orang-orang menjadi kecanduan terhadap internet, menimbulkan konflik, masalah privasi, rentan terhadap pengaruh buruk orang lain. ” Jelas zaki.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close