Serbaneka

DMI Jabar Bangun Kesejahteraan Melalui Koperasi Masjid

Bandung, Jabarplus.com – Ekonomi Ummat menjadi topik yang menarik beberapa waktu yang lampau, kesadaran akan besarnya potensi muslim Indonesia mendorong beberapa pihak untuk mendesain konsep ekonomi yang sesuai untuk kepentingan ummat, dibentuklah kopontren, minimarket pesantren dan masih banyak lagi bentuk2 program yang menyasar potensi ekonomi muslim Indonesia salah satunya ialah Koperasi Masjid.

Koperasi Masjid mempunyai potensi yang sangat besar karena memiliki  jamaah sebagai captive market. Oleh karena itu, pemasarannya tidak hanya mengurus jemaah tetapi juga memenuhi kebutuhan dan keinginan jemaah. 

Untuk memberdayakan pengurus dan jama‘ah masjid dalam bidang perekonomian, Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Jawa Barat yg dipimpin oleh KH. Ahmad Sidiq, bersepakat mendirikan Pusat  koperasi Jamaah Mesjid. Puskopjamas “Pusat Koperasi Jamaah Mesjid” ini merupakan Badan Otonom dari Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Jawa Barat di ketuai oleh H. Sobirin Billah, M.Ag.

Pembentukan koperasi ini merupakan bagian dari mewujudkan kesejahteran jamaah mesjid di setiap tempat ibadah. Peranan koperasi di tempat ibadah merupakan upaya mendorong peranan tempat ibadah tidak hanya aspek hubungan manusia dengan Tuhan (habluminallaah) tapi juga hubungan manusia dengan manusia (habluminannaas). Tempat ibadah menjadi pusat pemberdayaan ekonomi umat.

Selain itu, terbentuknya koperasi di tempat ibadah ini memiliki sejumlah manfaat. Di antaranya, melayani kebutuhan usaha simpan pinjam dan kebutuhan konsumsi anggota juga masyarakat sekitar. (Ichan-86)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close