Sosok

Mengenal lebih dekat Kades Puncaksari, H. Rosyd

Sindangkerta, Jabarplus.com – Desa Puncaksari Kecamatan Sindangkerta merupakan desa yang berada disekitar berbukitan dimana mata pencaharian penduduknya dari dulu hingga sekarang mayoritas bercocok tanam.

Desa Puncaksari, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat dibawah Kepemimpinan H. Rosyd telah berhasil meraih berbagai prestasi.

Sosok H. Rosyd di mata masyarakat dinilai Teladan, sosok peramah dan disegani banyak orang, bahkan aktif segala bidang yang digelar. Bahkan selalu mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadinya

“Menjadi pemimpin yang baik harus memberikan contoh yang baik,” ucap Kades Puncaksari H. Rosyd, Kepada Redaksi Jabarplus, kamis (12/11/2020), saat ditemui, dimeja kerjanya.

Runtut kepercayaan warga tidak lepas dari sepak terjangnya pada saat memimpin Desa Puncaksari ada pelayanan prima serta gebrakan pembangunan di semua lini, serta sarana penunjang pelayanan masyarakat, seperti kantor desa, Posyandu dan infrastruktur jalan turut digodok.

“Ia ramah, dan selalu memberikan pelayanan yang baik terhadap warga” Jelas salah seorang sumber dari kalangan masyarakat, saat Redaksi berkunjung ke sana.

H. Rosyd menambahkan bahwa “Alhamdulillah, sejumlah infrastruktur mengalami peningkatan, sarana penunjang pelayanan publik seperti kantor desa sedang dalam masa peningkatan” tambahnya.

Menelisik lebih jauh, pembangunan infrastruktur serta kegiatan lainnya selama ini terbangun melalui Anggaran Desa (ADD dan DDS), serta melibatkan masyarakat setempat. Transparansi pengelolaan ADD dan DDS salah satu diakuinya sebagai salah satu kunci sukses pelaksanaan anggaran desa.

“Kita senantiasa transparan dalam pengelolaan anggaran desa, dan salah satu bentuk transparansi yang kami lakukan adalah mengumumkan di papan baleho dan dipasang di tempat strategis yang mudah dilihat oleh masyarakat” Kuncinya

Daerah Puncaksari merupakan daerah yang subur untuk bercocok tanam sehingga selain penduduk asli lambat laun daerah ini juga didatangi oleh penduduk dari luar desa yang berkeinginan ikut bercocok tanam di kawasan ini, sehingga lambat laun kehidupan sosial budaya sudah mulai agak komplek. adapun sumber lain pendapatan desa diantaranya tanah urunan desa.

Desa Puncaksari ialah salah satu desa yang paling jauh di Kecamatan Sindangkerta, namun demikian, H. Rosyd yang menjadi kades hingga kini, tidak pernah mengeluh. Bahkan dengan kondisi yang ada menjadikan motivasi untuk maju.

Dengan mempertimbangkan potensi, kondisi, permasalahan pembangunan serta mempertimbangkan budaya yang hidup dalam masyarakat, maka visi Pemerintah Desa Puncaksari tahun 2016 – 2021 yang hendak dicapai adalah: “Membangun dan mengembangkan perekonomian masyarakat yang berorentasi pada sumber daya manusia yang berahklak dan mampu bersaing menuju kemandirian” (Ichan86)

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close