Serbaneka

DKM Al-Falah Cijambe: Tabligh Akbar Bersama KH. Nuron Taufiq ZA

Bandung, JabarPlus – Bertempat di Masjid Al-Falah Cijambe Legok, Dewan Keluarga Masjid (DKM) Alfalah menyelenggarakan kegiatan Tabligh Akbar dalam rangkan Memperingati Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammd SAW, Minggu, 15 Maret 2020.

Hadir dalam kesempatan tersebut  Pimpinan Maajelis Dzikir dan Dakwah As-Siroj Baitullah Wal Muwasholah Cibiru Bandung KH. Nuron Taufiq ZA yang akan menyampaikan Tabligh Akbar, selain itu dihadiri oleh Ketua RW 07 Kelurahan Pasir Endah Drs. Ridwan Saleh, Ketua DKM Alfalah Mulyana dan  Sekretaris  DKM Alfalah Ahmad Zakiyuddin.

Tabligh Akbar tersebut dihadiri oleh kaum muslimin dan muslimat dari berbagai kalangan, diantaranya darii unsur Majelis Taklim, DKM Se-Wilayah RW 07 Pasir Endah, para pemuda dan remaja masjid dan para jemaah sekitar Komplek Cijambe Indah Ujung Berung.

Dalam Sambutannya Ketua RW 07 mengapresiasi tema Tablig Akbar yaitu : “Sudahkah Sholat Anda Mencegah Maksiat”. Menurut Ridwan,  Sholat adalah merupakan Ibadah yang sangat penting yang pertama kali akan dihisab sebagaimana Hadist Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Maka, jika shalatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman, ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah.’ Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya.” (HR. Tirmidzi, ia mengatakan hadits tersebut hasan.) [HR. Tirmidzi, no. 413 dan An-Nasa’i, no. 466. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih.]
Sementara Ketua Ketua DKM Alfalah Mulyana dalam sambutannya mengajak para Jamaah untuk bersama-sama memakmurkan Masjid. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya yang meramaikan rumah-rumah (masjid-masjid) Allah, mereka itu adalah ahli Allah “azza wa Jalla.” Demikianlah, derajat kedekatan mereka pada ridha Ilahi. Dalam hadis lain, beliau berpesan, “Barangsiapa yang mencintai masjid, maka Allah mencintainya.” Ungkap Mulyana.

Dalam Tausyiahnya  KH. Nuron Taufiq ZA mengupas berbagai keutamaan Mendirikan Sholat. Menurut KH Nuron pertama kali ditanya nanti setelah kita meninggal, yaitu tentang shalat, jika shalat shalatnya baik, maka baiklah semuanya, tapi jika shalatnya tidak baik, maka merugilah dia.

Shalat ibarat angka satu (1), dan ibadah lainnya ibarat angka nol ( 0 ).ketika kita tidak melaksanakan shalat maka ibadah-ibadah lainnya tiada berarti, karena angka 0 tiada berarti apa-apa tanpa angka 1, namun ketika seseorang mendirikan shalat, maka ia telah mendapatkan angka 1, dan jika mengerjakan amalan-amalan lainnya maka bertambah angka 0 nya ,seperti ketika ia mengerjakan shaum senin-kamis dapat angka nol (0), qiyamullai dapat angka nol (0), silaturrahim dapat angka nol (0). Maka angka nol (0) makin bertambah dan menjadi nilai 1000. Ungkap KH Nuron.

Sebaliknya ketika seseorang melaksanakan ibadah-ibadah sunnnah seperti sedekah, silaturrahim, ia begitu banyak mendapatkan angka nol, tapi tidak lah berarti apa-apa yang ia kerjakan tanpa melakukan ibadah shalat wajib, karena yang ia perleh hanya lah angka nol yang banyak 00000, yang tidak berarti tanpa adanya angkat 1, Tegas KH Nuron. (C-86)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close